Rawan Sembunyi Nyamuk, Ini Spot-Spot di Rumah yang Harus Diwaspadai

Nyamuk

Hati-hati musim kemarau tiba akan membuat nyamuk demam berdarah mulai berkembang biak. Banyak spot di dalam rumah yang harus diwaspadai khususnya di kamar anak. Apabila Anda kini menggunakan wallpaper anak anak dengan warna yang gelap maka akan mengundang nyamuk. Serangga penyebab penyakit ini akan suka bersarang di daerah yang gelap dan lembab.

Apabila tidak segera dibasmi, maka nyamuk akan berkembang biak dengan sangat cepat. Apalagi jika Anda tidak rajin membersihkan spot mereka suka bersarang. Mulailah dengan mengganti wallpaper anak anak dengan warna yang lebih terang dan hindari warna gelap seperti hitam. Pastikan selalu membersihkan semua ruangan setiap hari dan lihat apakah terdapat jentik nyamuk bermunculan.

Spot di Rumah yang Sering Menjadi Sarang Nyamuk

 

Spot di Rumah yang Sering Menjadi Sarang Nyamuk

Mengingat masalah yang dihadapi adalah nyamuk, maka Anda tidak boleh lengah. Jangan remehkan gigitan nyamuk, walaupun bukan nyamuk demam berdarah namun bisa menimbulkan efek gatal dan ruam pada kulit. Jika nyamuk paling banyak bersarang di kamar anak, segera ganti wallpaper kamar anak sekarang juga untuk menghindari ruam dan penyakit. Cobalah untuk menginspeksi bagian rumah berikut ini yang sering menjadi sarang nyamuk.

  • Kolong perabotan

Jika Anda menggunakan banyak perabotan yang memiliki kolong maka bagian tersebut adalah yang pertama kali harus diinspeksi. Pada siang hari nyamuk akan sering bersarang di bagian tersebut. Kemudian pada malam hari mereka akan berkeliaran dan menggigit. Sebaiknya bersihkan setiap pagi dengan menyapu dan mengepelnya. Semprotkan obat nyamuk untuk mencegah nyamuk.

  • Pakaian yang digantung

Salah satu spot yang paling disukai nyamuk adalah lemari gantung. Jika selama ini Anda menggunakan lemari maka periksa setiap hari dan bukalah. Nyamuk akan cepat berkembang biak di wilayah ini karena gelap dan lembab. Jika Anda menggantungkan pakaian di lemari terbuka maka jangan lupa semprotkan obat nyamuk di dalam ruangan. Hindari menggantung pakaian yang sudah digunakan dalam jumlah banyak.

  • Sudut ruangan 

Bagian rumah yang sering menjadi sarang nyamuk adalah sudut ruangan. Baik itu sudut ruangan untuk menumpuk mainan anak atau sudut ruangan yang dipenuhi barang. Demi menghindarinya bersihkan sudut ruangan setiap saat. Gantilah dengan wallpaper baru berwarna lebih terang tanpa banyak motif. Harga wallpaper anak biasanya lebih murah apalagi yang tampilannya polos.

  • Kamar Mandi

Jika Anda sering menampung air di bak mandi sebaiknya segeralah untuk sering mengurasnya. Air yang tidak bergerak adalah tempat berkembangbiaknya nyamuk. Jentik-jentik nyamuk paling sering muncul di tempat ini. Disebabkan kamar Mandi adalah ruangan yang sangat lembab.

  • Dapur

Dapur adalah ruangan lembab lainnya yang terdapat pada rumah. Beberapa spot lembab di dapur seperti di bawah meja kompor atau di bawah tempat cucian piring. Area lembab tersebut biasanya menjadi sarang nyamuk yang utama kemudian menyebar ke seluruh rumah.

Jadi sudah siapkah Anda membasmi rumah saat ini di rumah? Jangan sampai nyamuk merusak kesehatan hanya karena Anda lalai dalam membersihkannya. Merawat rumah adalah suatu kewajiban orang yang menggunakannya.

Pastikan Anda menjadwal waktu untuk membersihkan rumah secara menyeluruh. Setiap pagi rapikan barang-barang yang berantakan seperti buku, pakaian dan mainan anak. Pada saat musim kemarau seperti ini rajinlah untuk menggunakan obat nyamuk. Jika nyamuk masih datang, siapkan kelambu di tempat tidur. Kelambu sangat efektif mencegah nyamuk untuk masuk dan menggigit ketika Kita sedang tertidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *