Mengenal Jenis-Jenis Kaca Tempered Yang Harus Kamu Tahu

Kaca merupakan sebuah metrial yang sering kali diaplikasikan pada rumah ataupun beberapa barang lainnya. Kaca dipilih karena selain tembus pandang tentunya juga akan membuat bangunan yang dipasangi dengan kaca ini pasti akan terlihat lebih mewah dan juga indah untuk dipandang mata. Tidak mengherakan jika akhirnya banyak rumah yang kemudian diaplikasikan dengan kaca berbagai model untuk mempercantik hunian tersebut.

Berbicara mengenai kaca, ada banyak jenis dari kaca yang biasa dipasang pada rumah salah satu di antaranya adalah kaca tempered. Kaca ini secara sekilas sangat mirip dengan kaca biasa yang biasa terdapat pada jendela rumah hanya saja bedanya kaca ini lebih kuat karena proses pembuatannya akan dipanaskan dengan suhu yang cukup tinggi dan kemudian didinginkan dengan suhu yang cukup rendah, sehingga kaca tempered ini menjadi sangat padat serta tidak mudah pecah.

Di kota-kota besar seperti Jakarta penggunaan kaca tempered ini memang sudah tidak asing lagi karena hampir semua gedung-gedung bertingkat, perkantoran, serta perhotelan banyak yang mempergunakan kaca tempered ini untuk mempercantik bangunan tersebut. Kaca tempered yang lazim digunakan ini adalah yang mempunyai ketebalan 10 mm. Ukuran ini menjadi ukuran yang sangat pas dan juga standar, meskipun harga kaca tempered 10mm ini tergolong tidak murah nyatanya banyak bangunan yang menggunakan kaca ini.

Jenis-Jenis Kaca Tempered

Selain harga kaca tempered 10mm terpasang yang relatif mahal ternyata masih banyak jenis-jenis kaca tempered lainnya yang mempunyai ketebalan beragam yang dapat Anda pilih, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ketebalan 5mm

Jenis kaca tempered pertama yaitu mempunyai ketebalan 5mm. Meskipun tipis Anda tidak boleh menganggap remeh kaca ini, karena berbahan tempered maka dapat dipastikan kaca ini lebih kuat jika dibandingkan dengan kaca biasa. Kaca dengan ketebalan ini biasa dipergunakan pada jendela rumah yang tidak terlalu lebar. Untuk masalah harga jelaslah lebih murah jika dibandingkan dengan harga kaca tempered 10mm terpasang.

2. Ketebalan 6mm

Masih serupa dengan yang pertama kaca ini hanay mempunyai selisih 1mm saja sehingga pengunaan kaca ini masih meliputi sekitaran jendela rumah yang tidak terlalu lebar saja dan masih belum standar jika dipergunakan pada kaca jendela yang mempunyai ukuran yang cukup lebar.

3. Ketebalan 8mm

Kaca tempered dengan ketebalan ini menjadi yang paling sering digunakan, bukan hanya pada rumahan saja melainkan juga berbagai barang yang biasa menggunakan kaca mulai dari meja kaca, etalase kaca, hingga kaca mobil. Harga dari kaca tempered ini hanya terpaut sedikit saja dengan harga kaca tempered 10mm.

4. Ketebalan 10mm

Harga kaca tempered 10mm terpasang memang tergolong cukup mahal karena dalam setiap meternya kaca ini berharga hingga ratusan ribu rupiah. Tidak mengherankan jika kaca dengan ketebalan ini penggunanya paling banyak adalah perkatoran ataupun gedung bertingkat saja. untuk sekala rumahan kaca dengan ketebalan ini biasanya hanya dipergunakan pada bagian-bagian rumah tertentu yang tidak membutuhkan kaca yang lebar.

5. Ketebalan 12mm

Kaca tempered ini mempunyai selisih harga yang agak mahal jika dibandingkan dengan harga kaca tempered 10mm karena lapisannya yang sedikit lebih tebal. Banyak dari pengelola Bank ataupun bangunan kecil untuk ATM yang menggunakan kaca dengan ketebalan ini.

6. Ketebalan 15mm dan 19mm

Dengan ketebalan yang mencapai 15mm membuat kaca tempered ini harganya jauh lebih mahal dari harga kaca tempered 10mm terpasangHal ini dikarenakan kaca dengan ketebalan ini mempunyai kekuatan yang berlipat ganda sehingga kaca ini sering dipergunakan untuk alas sebuah tangga ataupun etalase pada toko-toko perhiasan. Karena ketebalannya tersebut maka tidak heran jika kaca ini sangat aman dipergunakan dan sulit untuk dipecahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *