Jangan Salah Pilih! Inilah Langkah Pemilihan Engsel Pintu yang Tepat dan Sesuai

Pernahkah terpikirkan oleh Anda bagaimana jadinya jika sebuah pintu tidak mempunyai engsel? Misalnya saja pintu upvc, pastinya pintu tersebut tidak akan mempunyai akses masuk maupun keluar. Meskipun kelihatannya merupakan hal sepele, namun ternyata engsel pintu ini mempunyai peranan yang cukup penting. Bisa dibilang, walaupun bentukannya kecil, namun fungsinya sangat besar.

Pemilihan Engsel Pintu yang Tepat dan Sesuai

Dan tahukah Anda, dalam memilih jenis engsel pun rupanya tidak bisa sembarangan. Ada tips dan cara pemilihannya, lho! Bagaimana langkah pemilihannya yang tepat?

Beda Bentuk, Beda Fungsi

 

Engsel Pintu yang Tepat dan Sesuai

Secara garis besar, engsel mempunyai fungsi yang sama. Yakni sebagai pengait pintu agar pintu tersebut bisa dibuka atau ditutup oleh manusia. Ternyata, fungsi tersebut belum optimal. Anda harus mengoptimalkannya dengan pemilihan engsel pintu yang sesuai dengan bentuk beserta fungsinya. Rupanya, engsel ini memiliki bentuk bahkan jenis yang sangat beragam.

Tak hanya fungsinya saja, bahkan di setiap bentuk engsel ini mempunyai nilai efektivitas yang berbeda. Ada yang paten, ada juga yang lebih fleksibel dan mudah dicabut. Beberapa jenis engsel yang bisa Anda pilih adalah seperti; engsel kupu-kupu, engsel pintu panel, engsel sendok, patrom, koboi, bubut, hingga engsel pintu piano.

Beda Jenis Engsel, Beda Pintu

Tak hanya bentuk yang akan membedakan fungsi, ternyata dari segi bentuk dan jenis ini bisa menentukan pintu apa yang cocok untuk dipasangkan engsel tersebut. Seperti yang diketahui, pintu yang Anda gunakan mempunyai jenis yang sangat beragam. Bisa dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuat pintu, ukuran pintu yang dipasangkan, hingga tata cara pemakaian pintu nantinya.

Dari keberagaman jenis pintu inilah, yang membuat engsel pun menjadi cukup beragam. Anda tidak boleh asal dalam menentukan engsel yang tepat. Perhatikan dan cari tahu terlebih dahulu pintu seperti apa yang akan dipasang pada hunian. Jika jenis pintu yang digunakan adalah misalnya pintu UPVC atau berbahan ringan, maka engsel kupu-kupu bisa jadi pilihan. Beda halnya jika pintu yang digunakan berjenis panel, maka engsel yang dipilih pun harus kompatibel dengannya.

Beda Beban, Beda Engsel yang Harus Dipilih

 

Engsel yang Harus Dipilih

Pernahkah Anda memerhatikan berapa besaran beban yang akan ditanggung oleh sebuah pintu? Mungkin, sebagian orang mengira bahwa seberapa besar pintu engsel yang digunakan akan sama saja. Yang terpenting, pintu bisa terbuka atau tertutup. Hal itu, tidaklah tepat. Semakin cermat Anda dalam memilih engsel pintu, semakin terhindar risiko kerusakan pada nantinya.

Semakin besar beban yang ditanggung oleh pintu dan semakin besar ukurannya, maka sebaiknya gunakan engsel yang bisa menanggungnya. Apalagi bahan pembuatan engsel pun beragam. Jika ternyata bahan engsel Anda terbuat dari bahan logam lemah, bagaimana jadinya jika dipasangkan pada pintu yang besar dan berat? Tentu lebih baik Anda memilih engsel berbahan kuat dan memiliki daya tahan yang kuat juga.

Beda Arah Bukaan Pintu, Jenis Engsel pun Berbeda

Selain beberapa hal sebelumnya yang sudah diulas, ada satu hal penting yang juga harus jadi catatan saat pemilihan engsel pintu yang sesuai. Hal tersebut tidak lain adalah arah bukaan pintu. Umumnya, pintu ini mempunyai arah bukaan yang searah, ada juga yang bolak-balik. atau ada juga pintu yang langsung kembali ke penampilan awal (menutup) setelah dibuka.

Karena hal tersebut, pemilihan engselnya pun berbeda. Untuk pintu yang searah, maka Anda cukup menggunakan engsel kupu-kupu. Namun jika pintunya bolak-balik atau bisa dibuka-tutup, engsel koboi atau pivot jadi pilihan. Kemudian jika memang pintu yang dipasang adalah yang langsung kembali pada posisi awal, bisa menggunakan engsel tanam lantai atau floorhinge.

Bagaimana pun, pemilihan engsel pintu itu harus dilakukan dengan tepat. Namun, jika Anda menginginkan hal yang lebih praktis, penggunaan engsel kupu-kupu yang umum dengan memadankannya bersama pintu jenis upvc atau berbahan ringan bisa jadi pilihan. Apalagi harga pintu upvc terjangkau dan jenis engsel kupu-kupu pun lebih murah juga mudah ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *