Cara Memasang Partisi Gypsum yang Benar dan Cepat

Partisi Gypsum, Material Pembatas Ruangan Pengganti Dinding

Dinding gypsum merupakan material yang membentuk partisi pengganti plesteran. Material partisi gypsum dibuat dari kalsium sulfat yang diproses dan ditambah dengan berbagai macam bahan sehingga memiliki bentuk lembaran dengan karakteristik yang berbeda pula.

 

Kelebihan Gypsum Dinding

Ada berbagai macam kelebihan yang ditawarkan dinding dari gypsum ini, seperti:

1. Mudah dipindahkan

Partisi gypsum ini kurang lebih 1/10 bila dibandingkan dengan bata sehingga untuk memindahkannya, kita bisa melakukannya dengan mudah. Bila memindahkan dinding bata, kita harus melakukan pembobokan, namun gypsum, kita hanya perlu melepas kemudian menggesernya, hal ini juga lebih menghemat biaya renovasi.

 

2. Pemasangan bisa dilakukan dengan mudah

Dinding dari gypsum lebih cepat dan mudah dipasang bila dibandingkan dengan bata. Anda hanya perlu menyekrupnya dengan rangka metal, kemudian ditiban dengan compound, karena begitu cepatnya pemasangan partisi dari gypsum, kita dapat melakukan pemasangan dan finishing pada hari itu juga.

 

3. Menjaga suhu ruangan sehingga tetap normal

Jangan salah, dinding dari gypsum ini akan menjaga suhu ruangan menjadi lebih baik karena panas dapat dipantulkan dengan merata.

 

4. Ruangan akan terlihat menjadi semakin luas

Pada dasarnya, ukuran partisi dari gypsum lebih tipis bila dibandingkan dengan batu bata. Ketebalannya hanya 12 mm saja. Hal ini membuat ruangan menjadi terlihat semakin luas.

 

Konstruksi Dinding Dari Gypsum

Gypsum memiliki bentuk yang kering dan padat, ukuran standar dinding ini sebesar 1,2 X 2,4 m. Ukuran ketebalan dinding ini kurang lebih 12 mm. Meskipun demikian, ada produsen yang melayani pemesanan dengan ukuran lain. pada dasarnya, pemasangan dinding dari gypsum ini mudah, dan sangat cepat. Untuk dinding kering, pengerjaannya tanpa menggunakan material konvensional seperti pasir atau pun semen, karena lembaran gypsum dipasang dengan cara disekrup di rangka yang dibuat dari besi.

Rangka akan dipasang menurut model dari bawah hingga atas, serta dari tepi ke tepi. Rangka ini pula yang mengatur model dinding, hingga jendela. Pemasangan rangka harus dilakukan dengan bentuk tegak lurus. Untuk jarak, jarak rangka dari satu ke yang lainnya sebesar 60 cm.

 

Tahap Pengerjaan Konstruksi Papan Gypsum

 Secara garis besar, berikut tahapan pengerjaan dinding dari gypsum, antara lain:

  • Pembersihan lokasi. Pembersihan lokasi ini menyangkut lokasi yang akan dipasang dinding. Lokasi harus bersih dari barang dan perabot,
  • Mengukur lebar serta tinggi. Anda bisa mengukur lebar dan tinggi dinding yang dibutuhkan.
  • Menyiapkan peralatan dan material. Setelah ukuran sudah Anda dapatkan dan area sudah dibersihkan, siapkan seluruh material, letakkan material sedikit menjauh dari area pemasangan, agar pemasangan partisi tidak akan terganggu.
  • Pasang rangka sesuai tanda yang sudah Anda buat. Pasang panel di bagian salah satu sisi. Anda bisa menggunakan sekrup khusus gypsum untuk menambah kekuatannya.
  • Pasang berbagai kelengkapan seperti instalasi listrik hingga material yang digunakan sebagai peredam,
  • Pastikan kabel yang dipasang merupakan kabel baru, sehingga tampilan partisi terlihat bersih dan rapi. setelah seluruh proses instalasi gypsum selesai, pasang panel di sisi sebaliknya,
  • Jangan lupa, tempel textile tape di seluruh sambungan, ratakan serta haluskan bagian sambungan dengan menggunakan ampelas.
  • Lakukan finishing.

 

Dari cara pemasangan partisi gypsum di atas, sudah sangat terlihat jika gypsum merupakan bahan yang mudah dipasang dan praktis. Jadi, segera hiasi hunian Anda dengan partisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *